7 Tren Teknologi 2019 Paling Baru yang Bakal Mengubah Dunia

Tren teknologi 2019 – Dunia saat diramaikan dengan teknologi canggih yang berkembang dengan sangat pesatnya. Ada banyak alar atau produk teknologi terbaru yang dihadirkan di dunia. Beberapa diataranya ada yang menjadi perbincangan hangat dikarenakan mampu memberikan perubahan yang sangat luar biasa terhadap dunia. salah satu tren teknologi 2019 yang kabarnya akan gempar adalah hadirnya jaringan tercepat 5G. Jaringan 5G diklaim lebih cepat beberapa kali lipat dibandingkan dengan jaringan 4G yang ada sebelumnya.

Selain jaringan 5G, masih ada banyak lagi tren teknologi baru yang bakal ramai diperbincangkan di tahun ini. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai tren teknologi 2019 terbaru, yuk simak ulasannya di bawah ini!

Tren Teknologi 2019

Yang baru-baru ini menjadi perbincangan hangat adalah teknologi jaringan 5G, kecerdasan buatan atau AI, hingga teknologi VR. Ketiganya memang merupakan terobosan baru dalam dunia teknologi dan mampu menarik minat dari banyak konsumen di era modern ini.

tren teknologi

Selain ketiga teknologi terdepan tersebut, masih ada lagi tren teknologi lain yang bakal booming, antara lain:

Selain ketiga teknologi terdepan tersebut, masih ada lagi tren teknologi lain yang bakal booming, antara lain:

1. Jaringan 5G Tercepat

Tren teknologi 2019 yang pertama, seperti yang sudah disebutkan di atas adalah jaringan tercepat 5G. Jaringan satu ini adalah hasil pengembangan dari jaringan sebelumnya yang menjadi tercepat yakni jaringan 4G. Jaringan 5G sendiri selain lebih cepat dalam pengiriman data, namun juga lebih stabil dan aman tentunya. Tapi sayangnya jaringan 5G ini masih belum bisa masuk ke Indonesia secara resmi. Jaringan tersebut masih hanya tersedia di beberapa negara besar seperti Amerika Serikat dan yang lainnya.

Seakan ingin mengukuti tren tersebut, sekarang ini juga sudah ada banyak vendor smartphone yang mengusung jaringan 5G di dalamnya.

2. Kecerdasan Buatan atau Artificial Intellegence (AI)

Teknologi ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2018 lalu dan sempat menjadi tren, hanya saja belum terlalu maksimal penggunannya. Dan di tahun ini banyak pakar teknologi yang memprediksikan teknologi AI ini akan semakin berkembang dan booming. Terbukti sekarang banyak perusahaan yang memanfaatkan kecerdasan buatan dalam mengatur atau mengembangkan bisnisnya.

Sama juga dalam bidang smartphone, kecerdasan buatan atau AI juga tengah dikembangkan. Salah satunya disematkan pada sisi kamera smartphone yang mana mampu mengidentifikasi wajah penggunanya. Masih banyak produk yang memanfaatkan teknologi AI untuk mempermudah serta memantapkan performanya.

3. Machine Learning

Tren teknologi 2019 yang satu ini masih merupakan bagian dari kecerdasan buatan atau AI.  Adanya machine learning sendiri memungkinkan sesuatu yang belum diprogram bisa dibaca dan ditemukan solusinya oleh machine learning tersebut. Teknologi ini akan belajar untuk menemukan pola dan pemecahan masalah dari data yang tersedia. Adapun kegunaan dari machine learning ini sendiri seperti untuk data analytics, pattern recognation, hingga data mining.

4. Virtual Reality dan Augmented Reality

Tren teknologi satu ini juga sudah sempat booming di tahun lalu dan diteruskan pengembangannya hingga tahun ini. Untuk Virtual Reality sendiri memungkinkan penggunanya berinteraksi lingkungan yang sudah disimulasikan oleh sebuah komputer. Sementara untuk Augmented Reality lebih canggih, yakni menggabungkan benda maya dalam bentuk 2D atau 3D ke lingkungan nyata, serta waktu yang nyata pula.

Teknologi seperti ini sering digunakan dalam game, dengan tujuan untuk mengenalkan pemain dengan permainan yang lebih baru dan beda dari biasanya. Banyak game baru yang sudah mengusung fitur ini, dan juga bisa dimainkan secara gratis.

5. Cyber Security

Satu lagi tren teknologi 2019 yang bakal booming dan mampu memberikan perubahan yang signifikan pada dunia, yakni cyber security. Cyber Security sendiri lebih dikenal sebagai keamanan informasi yang dijalankan pada sebuah komputer dan jaringan. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat banyak orang buta hati dengan melakukan kejahatan melalui dunia maya. Beberapa contohnya seperti pencurian data pribadi, penipuan internet dan juga aktivitas hacking.

Dengan adanya cyber security memungkinkan pengguna bisa mengamankan semua datanya. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan penyerangan balik terhadap hacker yang mencoba menerobos keamanannya.

6. Robotic Process Automation atau RPA

Robotic Process Automation atau yang disingkat dengan RPA ini sebenarnya konsepnya hampir sama dengan AI atau juga machine learning. Ketiganya sama-sama bekerja sebagai otomatisasi pekerjaan manusia. Namun untuk RPA ini sendiri lebih ke perkerjaan bisnis dan data, seperti membalas e-mail otomatis, memproses suatu transaksi, mengelola data dan lain sebagainya. Yang jelas semua bisa berjalan secara otomatis dengan penerapan teknologi RPA tersebut.

7. Internet of Things

Internet memang sudah sangat menjamur dikehidupan masyarakat kita. Apalagi di tahun 2019 ini, tampaknya tren teknologi internet akan semakin menjamur. Dengan adanya teknologi Internet of Things memungkinkan tidak hanya perangkat gadget saja yang bisa terhubung dengan internet atau jaringan wifi,  melainkan juga perangkat lainnya seperti perangkat rumah tangga, mobil, dan lain sebagainya.

Itulah tadi beberapa tren teknologi 2019 yang bakal booming dan bisa mengubah dunia saat ini. Alangkah lebih baiknya kita lebih bijak dalam menggunakan teknologi yang ada saat ini. Semoga informasi di atas bermafaat untuk pembacaplanetconnectionsfestivity.com