TIPS MENGHAFAL RUMUS MATEMATIKA

TIPS MENGHAFAL RUMUS MATEMATIKA

Salah satu mata pelajaran yang dianggap menakutkan bagi sebagian murid adalah matematika. Mengapa menakutkan? Karena murid dituntut untuk tidak sekadar memahami, tetapi serta menghafalkan bermacam-macam rumus yang terkadang membingungkan. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara gampang untuk menghafalkan rumus matematika? Praktikkan beberapa suggestions berikut.

Menyukai Matematika
Misalnya nih, kamu menyukai olahraga sepak bola. Ketika ada pertandingan sepak bola, meski tempatnya jauh, kamu akan berusaha untuk menonton. Bahkan kaos sepak bola tim favorit sekalipun mahal, pasti kamu beli. Bukan begitu?

Begitu serta dengan matematika. Jika kamu ingin memahami dan menghafalkan rumusnya, kamu harus belajar menyukai pelajaran tersebut. Ketika telah menyukainya, kamu akan menyimpan pikiran positif terhadap pelajaran matematika sehingga menstimulasi untuk antusias mempelajarinya. Jika telah berhasil memahami dan menghafalkan rumus ilmu pasti tersebut, cepat atau lambat kamu akan jago matematika. Sumber : https://www.sekolahan.co.id/

Visualisasikan ke Warna
Langkah selanjutnya, coba kamu visualisasikan tiap rumus matematika ke dalam beberapa warna. Cara ini bisa efektif untuk menghafalkan rumus yang sederhana. Contohnya, kamu dapat mewarnai rumus quantity balok dengan warna hijau, quantity kubus dengan warna merah, luas segitiga dengan warna biru, dan seterusnya. Kamu dapat pakai kertas berwarna untuk menuliskan rumus tertentu.

Mengapa cara ini bisa efektif? Karena manusia sejatinya adalah makhluk visible. Apalagi melihat warna-warna cerah, pikiran manusia jadi lebih relaks. Ketika pikiran relaks, maka kamu akan lebih gampang mengingat rumus matematika. Kamu dapat menghiasi kamar dengan rumus matematika dengan pola warna yang kamu inginkan. Per kali masuk kamar, secara tidak langsung kamu pun selalu belajar rumus matematika.

Gunakan Kata Ganti untuk Rumus Tertentu
Untuk mempermudah dalam menghafal rumus matematika, kamu dapat pakai kata ganti (kalimat) untuk mewakili rumus tertentu. Gunakan kalimat yang sering digunakan sehari-hari. Misalnya: rumus luas balok adalah L = 2 (p.l + p.t + l.t) diwakili dengan kalimat dua kali palu ditambah pete ditambah lontong.

Cara ini serta berlaku untuk menghafalkan barisan angka. Contoh ketika kamu menghafalkan 2143012200021, akan lebih gampang diingat ketika pakai kalimat tanggal lahir kartini (tanggal 21 April) dan tanggal lahirku (misal, 30 Desember tahun 2000), serta bioskop (21). Kalimat ini akan terdengar lebih familier dan sederhana sehingga akan mempermudah kamu untuk mengingat. Cobalah pakai cara sederhana ini untuk menghafalkan rumus matematika.

Bermain Video games Matematika
Apakah kamu memiliki smartphone/ponsel pintar? Jika iya, ada baiknya kamu gunakan untuk belajar matematika melalui video games yang tersedia di playstore atau ios retailer. Beragam varian video games yang berhubungan dengan matematika dapat kamu gunakan belajar sambil bermain. Ini salah satu cara yang efektif untuk mengatasi kebosanan belajar rumus matematika. Dengan sering bermain video games tersebut, secara tidak langsung kamu akan sering berlatih pakai rumus matematika.

Gunakan Rumus Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari
Suatu hari kamu bersantai di dalam rumah dan melihat sebuah buku di meja. Cobalah untuk mengukur luas buku tersebut dengan pakai rumus matematika yang telah kamu pelajari. Misal, jika kamu telah belajar mengenai quantity berbagai bangun ruang, kamu dapat mengukur quantity bak mandi di rumah atau lemari di kamar. Inilah keuntungan dari menghafalkan rumus matematika.

Jika kamu dapat mengaplikasikan berbagai rumus matematika dalam kehidupan sehari-hari, kamu akan mengetahui kegunaannya. Kamu akan menyadari, ilmu pasti yang satu ini ternyata sangat bermanfaat untuk membangun segala benda di seluruh aspek kehidupan manusia. Sumber: https://www.pelajaran.co.id/