Semangat Upcycle Seantero Ruang

Di tempat ini, aneka barang usang di-make over menjadi pernik interior antik yang fungsional dan berdaya seni tinggi. Boleh dibilang, tak ada satu pun produk interior baru yang menghiasi kafe Damsko by Junkyard, Jakarta Selatan ini. Seluruh elemen interiornya dipenuhi barang-barang rongsok yang sudah berubah bentuk dan fungsi. Coba saja tengok, drum besi dan palet kayu yang sudah di-make over menjadi meja dan kursi.

Atau, krat botol bekas yang dijadikan fitting lampu. Bahkan, dindingnya sengaja dibobok untuk menciptakan kesan ekspos yang alami. Sesuai dengan namanya, kafe Damsko by Junkyard yang terletak di bilangan Blok S, Jakarta Selatan, ini memang mengusung konsep barang bekas pada interiornya. Diakui Sari Putri rizki, Manager operasional Damsko by Junkyard, barang bekas memiliki cerita dan nilai lebih dalam ketimbang barang-barang baru.

Kesan antik yang diciptakan barang-barang usang ini memberi warna tersendiri “Barang bekas dari dulu sudah ada penggemar khusus, tapi belakangan konsep barang bekas ini lebih banyak digunakan di berbagai media, khususnya di bidang komersial, seperti industri F&B (food and beverage),” ujar Kiki, sapaan akrabnya. Barang-barang bekas yang menghiasi kafe ini didapatkan dari berbagai tempat, seperti gudang, tempat pengumpulan barang bekas, pinggir jalan, dan sebagainya.

harganya pun bervariasi mulai dari rp150.000- an. Walaupun seantero ruang dipenuhi barang bekas, kafe ini tak mencerminkan “ndeso” sama sekali. Justru barang-barang bekas ini menjadi lebih nge-pop karena dibalut kreativitas.

Padu Padan Barang Rongsok

Membuat barang bekas menjadi barang baru tidak memerlukan pakem desain. Karena, semakin tidak seragam semakin baik padu padannya. selain itu, selama tidak mengganggu pandangan mata (secara visual) maka barang bekas pun sudah bisa tampil gaya.

Perhatikan Hal Ini!

Ketika akan menggunakan barang bekas sebagai pengisi interior maka perhatikan dua hal berikut. Pertama, pilih barang yang masih layak pakai. hindari barang yang terlalu rongsok karena proses dan tenaga akan terkuras hanya untuk refurnish. kedua, barang bekas dapat diolah menjadi beragam fungsi. Jadi anda harus kreatif memikirkan desain apa yang sesuai dengan barang bekas tersebut.

Sebuah cafe yang unik seperti ini juga membutuhkan sebuah genset sebagai sumber listrik cadangan. Harga genset yang murah untuk cafe bisa didapatkan dari suplier resmi genset silent di Jogja. Karena disana selalu memberikan harga diskon untuk setiap pembelian genset unit baru.