Kegunaan Polimer Beserta Pengertian dan Contohnya

Polimer adalah rantai berulang atom panjang, terbentuk dari pengikat dalam bentuk molekul identik yang disebut monomer. Meskipun biasanya organik (memiliki rantai karbon), ada juga banyak polimer anorganik. Contoh polimer yang terkenal adalah plastik dan DNA.

Polimer didefinisikan sebagai zat yang terdiri dari molekul yang mencakup serangkaian satu atau lebih dari satu unit monomer. Manusia telah menggunakan polimer dalam bentuk minyak, aspal, damar dan karet selama berabad-abad. Tetapi industri polimer modern yang baru mulai berkembang selama revolusi industri.

Dikutip dari website rumus.co.id Pada akhir 1830-an, Charles Goodyear berhasil menghasilkan bentuk karet alam yang bermanfaat melalui proses yang dikenal sebagai “vulkanisasi“. 40 tahun kemudian, seluloid (bentuk plastik keras yang terbuat dari nitroselulosa) berhasil dikomersialkan. Itu adalah pengenalan vinyl, neoprene, polystyrene dan nilon pada 1930-an yang memprakarsai “ledakan” dalam penelitian polimer yang masih berlanjut hingga saat ini.

kegunaan polimer

Meskipun istilah polimer lebih populer, ini merujuk pada plastik, tetapi polimer terdiri dari banyak jenis bahan alami dan sintetis dengan beragam sifat dan kegunaan. Bahan polimer alami, seperti pernis dan kuning, telah digunakan selama beberapa abad. Makalah ini diproduksi dari selulosa, polisakarida yang berasal dari alam yang ditemukan pada tanaman. Biopolimer, seperti protein dan asam nukleat, memainkan peran penting dalam proses biologis.

Kegunaan Polimer

Ada begitu banyak kegunaan yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Polimer dapat terdiri dari polietilen, vinil, nilon, poliakrilat dan polipropilen. Di bawah ini adalah kegunaan dan manfaatnya:

  • Polyethylene

Polyethylene adalah polimer tambahan yang merupakan monomer etilena. Polyethylene ini tidak memiliki bau, tidak berwarna dan tidak beracun.

Polyethylene telah banyak digunakan dalam pembuatan kantong plastik, jas hujan, botol plastik dan kemasan lainnya. Polyethylene adalah plastik yang sering digunakan.

  • Vinyl polychloride (PVC)

Poli (vinil klorida) adalah polimer tambahan yang merupakan monomer vinil klorida. Poli ini (vinil klorida) sering dibuat nomor dua setelah jenis polietilen. PVC banyak digunakan dalam pembuatan pipa, penutup lantai, kereta api, kantong sampah dan kaset.

  • Poliakrilonitril

Poliakrilonitril adalah polimer adisi yang merupakan monomer akrilonitril. Ini umumnya dikenal sebagai Orion, yang telah digunakan dalam pembuatan pakaian, kaus kaki dan permadani.

Akrilonitril adalah turunan asam akrilat (2-propenoat), CH2 = CH-COOH. Banyak polimer sudah diproduksi berdasarkan asam akrilat.

Contohnya adalah poli (metil akrilat) (PMMA) yang dikenal sebagai flexiglass nama dagang, yang merupakan plastik transparan, keras dan ringan yang dipasang di jendela pesawat terbang dan di belakang mobil. PMMA adalah tambahan yang merupakan monomer metil akrilat.

refrensi : https://rumus.co.id/polimer/