Inilah Beberapa Cara Membersihkan Jam Tangan Mekanik yang Efektif

Sebagai seorang pecinta jam tangan, maka Anda wajib mengetahui cara membersihkan jam tangan, khususnya jam tangan mekanik. Ini karena, jam tangan mekanik akan semakin terlihat mewah jika Anda dapat membersihkannya dengan benar. Terdapat banyak brand yang mengaplikasikan movement mekanik tersebut, seperti jam tangan Casio, Seiko dan masih banyak lagi. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda membersihkan jam tangan mekanik yang efektif yang dapat Anda coba.

Membersihkan jam tangan mekanik yang anti air

Untuk membersihkan jam tangan mekanik anti air, maka Anda harus memisahkan kasing dari jam tangan ini. Untuk tali yang terbuat dari stainless steel, Anda tidak harus membongkarnya tetapi membersihkannya akan menjadi kurang efektif. Kemudian, sebelum Anda mulai membersihkan, kami Anda dapat menyiapkan sikat gigi dengan bulu yang halus, mangkuk kecil, sabun, dan kain katun lembut yang bersih (dari kaos bekas yang sudah tidak terpakai). Setelah itu, Anda dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Untuk hasil yang maksimal, Anda harus dapat memisahkan wajah jam dari tali untuk pembersihan efektif penuh. Jika Anda tidak tahu caranya, atau tidak memiliki alat yang tepat untuk melepas tali Anda, kami sarankan Anda tidak melepasnya.
  • Kunci bodi jam dengan memutar sekrupnya secara total. Anda harus selalu memeriksa bodi jam ini, bahkan untuk penggunaan sehari-hari. Sekrup yang ada harus dikencangkan dengan baik untuk menjamin agar air dan debu tidak masuk.
  • Isi wadah / mangkuk yang telah dipersiapkan dengan air hangat dan sabun serta masukkan jam tangan mekanik Anda ke dalamnya. Gunakan wadah plastik seperti tupperware untuk memastikan agar tidak terjadi goresan pada jam Anda. Selain itu, jangan pernah menggunakan produk deterjen.
  • Kemudian, gosok kasing dan tali dengan sikat gigi. Baik di dalam atau di luar air, atau keduanya.
  • Terakhir, keringkan jam tangan mekanik dengan kapas lembut yang bersih. Anda juga dapat menggunakan pengering (hair dryer dengan suhu sedang) untuk menjangkau semua bagian tali stainless steel tersebut.

Akhirnya, Jam tangan Anda bersih lagi dan siap untuk digunakan. Ingatlah bahwa menjaga kebersihan jam tangan Anda agar tetap terlihat eksklusif, dan juga hal ini dapat meningkatkan nilai jualnya kembali.

Membersihkan jam tangan mekanik yang tidak anti air

Pada bagian sebelumnya, untuk membersihkan jam tangan anti air, Anda dapat melepas tali dan wajah jam untuk menghindari terjadinya goresan dan menghilangkan debu secara maksimal. Tindakan pencegahan yang sama, jangan mencoba untuk memisahkan bagian jam ini sendiri jika Anda tidak tahu bagaimana melakukannya, hal ini untuk menghindari terjadinya kerusakan pada bagian dalam jam tangan tersebut. Anda sebaiknya pergi ke tempat servis tepercaya. Kemudian, untuk membersihkan jam tangan mekanik yang tidak anti air, maka anda tidak perlu menyiapkan semangkuk air, tetapi Anda hanya membutuhkan sikat gigi dengan bulu yang halus dan kapas bersih yang kering. Pada dasarnya, lewati 3 langkah  yang ada pada bagian sebelumnya dan gosok jam tangan dengan hati-hati.

Membersihkan tali jam tangan mekanik

Bagaimana jika tali jam tangan mekanik tersbeut terbuat dari kulit atau karet? Tali jam yang terbuat dari kulit asli harus dirawat dengan baik karena  lebih rentan terhadap kerusakan dan biasanya Anda perlu menggantinya setiap dua tahun terutama jika Anda memakainya setiap hari.

Tetapi untuk menjaga tali kulit tetap awet, Anda dapat mengikuti beberapa langkah ini:

  • Jangan pernah menaruh tali jam yang terbuat dari kulit di bawah sinar matahari secara langsung karena warnanya akan cepat rusak.
  • Hindari mengenakan tali kulit ketika Anda berolahraga karena keringat akan memperburuk tali pada bagian jahitannya. Lebih baik Anda menggunakan tali karet saat berolahraga.
  • Hindari kontak dengan air. Jika tali kulit terkena air, maka cepat-cepat keringkan dengan kapas lembut.
  • Untuk membersihkan tali kulit, Anda dapat menggosoknya secara perlahan dengan menggunakan kapas lembut

Meskipun begitu, tidak ada tips lain yang membuat tali jam kulit Anda untuk awet dalam jangka waktu yang panjang. Tetapi jika Anda merawatnya dengan baik, maka tali kulit tersebut dapat bertahan lebih lama. Untuk meningkatkan harga jual kembali yang lebih baik, kami sarankan Anda memberi jam mekanik tersebut dengan tali kulit yang baru.

Akhir kata, itulah beberapa cara membersihkan jam tangan mekanik yang efektif. Semoga dengan beberapa tips tersebut, Anda dapat membersihkan jam tangan dengan lebih maksimal agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama serta meningkatkan harga jual kembalinya.