Industri Kreatif 4.0 dan Tantangannya


Industri kreatif 4.0 telah membawa dampak positif dan sekaligus tantangannya bagi setiap millenials Indonesia. Masifnya pertumbuhan pengguna ponsel di Indonesia serta pesatnya pertumbuhan internet di negeri ini telah membawa angina baru sebagai trend yang tak dapat dielakan bagi semua orang. Sehingga banyak sekali perusahaan yang berlomba-lomba untuk bermigrasi dari sistem konvensional ke sistem digital yang lebih baik.

Namun, dengan kondisi yang dihadapi ini. Banyak sekali orang menemukan kesulitan-kesulitan di dalamnya. Sebagai contoh sederhana, adalah dengan adanya industri kreatif 4.0 telah merubah kebutuhan industri terhadap tenaga kerja yang akan mereka rekrut di masa depan, sementara banyak sekali universitas di Indonesia yang belum menerapkan sistem digital di universitas dan masih melakukan proses ajar mengajar dengan cara yang sangat sederhana.

Industri Kreatif 4.0 dan Cara Menghadapinya

  • Pahami Platform Digital

Saat ini sudah banyak sekali ragam dan jenis dari platform digital. Umumnya untuk digital marketing, para marketer akan mencari tahu media sosial apa saja yang telah berkembang di negeri ini serta berapa jumlah pengguna media sosial tersebut dan pesebarannya di Indonesia. Hal ini menjadi sangat penting karena untuk memahami calon konsumen melalui digital, kita cukup memantau lokasi atau platform media sosial mana yang sering mereka gunakan. Jika kamu ingin bekerja sebagai digital marketer, maka hal pertama yang harus kamu lakukan ialah dengan mengenali demografi pengguna media sosial di tanah air guna memasarkan produk dengan cara yang efektif dan sesuai jaman.

  • Pahami Kebutuhan Sesuai Trend

Seiring tumbunya digital di setiap sisi kehidupan, maka kebutuhan manusia pun semakin beragam dari hari ke hari. Hal ini terjadi karena saat ini merupakan masa transisi dari masa konvensional ke era digital sehingga banyak sekali infrasturkur digital yang belum sepenuhnya tersedia. Jika kamu mampu memahami salah satu kebutuhan kaum millenials saat ini dan mampu menghadirkan solusi tersebut maka bisa dipastikan kamu akan menjadi seseorang yang bersinar di masa depan, karena semua kebutuhan manusia saat ini sudah harus diakomodir dengan cara yang lebih mudah dan lebih praktis sehingga mampu memotong waktu dan mengurangi ongkos dalam setiap transaksi.

  • Pahami Jenis Calon Konsumen

Di era saat ini, konsumen semakin beragam dalam hal keinginan dan kebutuhannya. Untuk memahami setiap calon konsumen yang kompetitif, kamu harus menguasai data di bidang digital yang saat ini telah dihimpun dan direkam dari setiap kegiatan aktifitas digital calon konsumen dalam satu wadah yang disebut sebagai big data. Jika kamu mampu memanfaatkan big data sebagai senjata kamu dalam menarik setiap minat konsumen maka bisa dipastikan kamu akan memenangkan setiap tantangan di era industri kreatif 4.0 ini.

Manfaat Memahami Tantangan Industri Kreatif 40

Dengan memahami semua tantangan industri kreatif 4.0 maka secara telah langsung kamu telah mempersiapkan diri kamu untuk memenangkan persaingan dalam hal pendidikan dan pekerjaan. Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini perusahaan hanya akan menerima seseorang yang telah memiliki pendidikan baik formal maupun formal tentang digital.

Selain itu, kamu juga dapat membangun usaha kamu sendiri di mana saat ini sudah banyak sekali millenials yang mendirikan usaha mereka sendiri yang disebut sebagai start-up dengan mencari pemodal yang memiliki minat dan tertarik terhadap ide usaha kamu yang berbasis digital serta mampu menjawab setiap kebutuhan konsumen. Selamat menaklukan era digital!