Cara Menggunakan VPN di PC

CMungkin sudah banyak yang tahu bagaimana cara menggunakan VPN dengan mudah di android tapi mungkin masih banyak yang belum tahu cara menggunakan VPN di PC. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara menggunakan VPN di PC.

Apabila kita ingin menggunakan VPN pada PC kita maka hal yang pertama kali perlu dilakukan adalah dengan membuat akun VPN.

  1. Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah dengan mengunjungi situs tcpvpn.com kemudian scroll ke bawah dan pilih server yang kamu inginkan. Server ini bisa berlokasi di Asia, Eropa atau Amerika tapi mas Tekno sarankan cukup gunakan server Asia agar kecepatan internet kita tetap maksimal.
  • Setelah itu akan muncul pilihan negara di Asia yang bisa kamu pilih. Sahabat Tekno bisa memilih Singapore atau Malaysia. Selanjutnya, ada beberapa pilihan server beserta deskripsinya. Sahabat Tekno bisa pilih server manapun, kemudian klik “create username and password” dan silahkan buat username dan password yang diinginkan.
  • Setelah beberapa saat, maka kita akan mendapatkan informasi mengenai akun VPN yang baru saja kita buat. Disimpan baik-baik informasi ini karena hal ini sangat penting untuk menggunakan VPN di PC.

Sekarang sahabat Tekno sudah memiliki akun VPN dan sekarang Mas Tekno akan menjelaskan bagaimana cara menggunakannya di windows 10. Bagi sahabat Tekno yang menggunakan Mac OS akan dijelaskan setelah ini.

  1. Langkah pertama adalah silahkan masuk ke menu settings lalu pilih menu Network dan Internet. Kemudian pilih menu VPN dan klik add a VPN connection.
  • Pada menu ini kita akan menambahkan koneksi vpn memakai akun yang baru saja kita buat. Pada kolom VPN provider diisi dengan Built in (Windows) dan pada kolom Connection name diisi dengan username VPN kita.
  • Kolom Server name diisi dengan IP address yang terdaftar pada akun VPN yang telah kita buat taddi. Selanjutnya, kolom VPN type diisi dengan PPTP, dan kolom lainnya diisi sesuai dengan data VPN kita lainnya.
  • Kemudian setelah selesai akan muncul koneksi VPN baru dengan username milik kita, klik VPN tersebut dan pilih connect. Setelah terhubung jendela Windows Security akan muncul dan meminta kita untuk mengisi username dan password.
  • Setelah diisi, klik OK dan tunggu, maka PC kita sekarang sudah terkoneksi dengan VPN.

Demikian ulasan kali ini, semoga bermanfaat.