Biografi Rusdi Kirana

Biografi Rusdi Kirana

Sebelum berhasil sebagai pengusaha maskapai penerbangan, Rusdi Kirana dulunya dikenal berprofesi sebagai calo tiket. Kini ia dikenal sebagai di antara orang terkaya di Indonesia bareng dengan saudaranya Kusnan Kirana. Kusnan dan Rusdi Kirana dikenal sebagai pendiri Lion Air, di antara maskapai penerbangan terbesar di Indonesia.

Sebelum bergelut di bisnis penerbangan, Rusdi Kirana bekerja sebagai sales mesin ketik merk Brother. Tak lama kemudian, ia berhenti dari pekerjaannya sebagai sales. Bersama dengan saudaranya, Kusnan Kirana, ia menegakkan biro perjalanan mempunyai nama Lion Tour.

Saat itu, Kusnan dan Rusdi Kirana dikenal orang-orang sebagai seorang calo tiket. Setelah bertahun-tahun bergelut dalam bisnis agen tiket perjalanan, ia lantas mengajak semua pedagang di pasar Glodok untuk mengoleksi modal usaha menegakkan sebuah maskapai penerbangan. Hal ini pun didasari pada Regulasi pemerintah yang memudahkan industri penerbangan.

Berbekal modal 80 milyar, Kusnan dan Rusdi Kirana menegakkan Mentari Lion Airlines pada tahun 1999. Modal tersebut juga digunakan untuk menegakkan kantor disebuah ruko area Harmoni, Jakarta dan pun menyewa suatu pesawat Boeing 737-200 yang terbang perdana dari Jakarta ke Pontianak.

Penerbangan Murah atau Low Cost Carrier ialah https://www.pro.co.id/ salah satu strategi bisnis yang dianut oleh Rusdi Kirana dan saudaranya. Walaupun awal-awal perusahaannya berdiri tidak sedikit menemui kesulitan sebab orang belum percaya, tetapi lambat laun perusahaannya bergembang cepat.

Berbondong-bondong masyarakat memakai maskapainya sebab harga tiket yang ditawarkan lumayan murah dibanding maskapai lainnya cocok prinsip Low Cost Carrier dan semboyan perusahaannya We Make People Fly.

Hingga ketika ini Lion Air terus berkembang pesat dan menjadi di antara maskapai terbesar swasta terbesar di Indonesia. Lion Air kepunyaan Rusdi Kirana mempunyai ratusan unit pesawat terbang yang melayani tidak sedikit rute penerbangan di sekian banyak daerah di Indonesia.

Di tahun 2018, Rusdi Kirana termasuk di antara orang terkaya di Indonesia. Berdasarkan keterangan dari majalah Globe Asia, Kekayaan Rusdi Kirana ditaksir menjangkau 1.2 milyar dollar US. walaupun begitu, ia dikenal sebagai sosok yang bersahaja dan rendah hati.

Sumber : https://www.infobiografi.com/