5 Menu Sarapan Yang Digemari Masyarakat

Sarapan adalah kegiatan menyantap makanan di pagi hari sebelum melakukan aktivitas harian. Dalam menu sarapan yang baik, setidaknya harus terdiri makanan pokok disertai dengan lauk-pauk dan sayur-mayur. Dengan sarapan pagi, maka seseorang bisa beraktivitas dengan penuh semangat.

Menurut banyak ahli, sarapan yang baik akan memberikan nutrisi yang baik pada otak. Asupan nutrisi yang baik pada otak akan memberikan pengaruh positif pada aktivitas otak sehingga otak menjadi lebih peka serta lebih mudah untuk berkonsentrasi. Hal tersebut secara tidak langsung akan membantu seseorang untuk lebih fokus dan lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari baik di sekolah, di kampus, maupun di tempat kerja.

Sarapan pagi memang sangat penting, namun karena kesibukan yang sangat padat biasanya banyak orang melewatkan sarapan pagi karena tidak sempat untuk mempersiapkannya. Banyak orang yang tinggal di kawasan penduduk yang padat dan kawasan pekerja biasanya tidak akan sempat mempersiapkan sarapan mereka dan keluarganya sendiri. Dengan keadaan tersebut maka ada peluang usaha yang bisa dijalankan yaitu usaha berjualan sarapan pagi.

Peluang usaha berjualan sarapan pagi merupakan peluang yang sangat baik terutama jika tinggal di wilayah dengan deskripsi diatas. Dengan berjualan menu sarapan terutama dengan menu yang sehat dan bergizi, tentu akan menjadi solusi terbaik bagi masyarakat sekitar untuk mendapatkan sarapan yang mudah dan praktis. Ada banyak sekali menu sarapan yang sehat dan bergizi serta praktis, berikut adalah beberapa jenis menu sarapan yang banyak dijual dan menjadi favorit masyarakat:

1. Nasi Pecel

Nasi pecel merupakan kuliner khas dari Jawa Timur. Makanan ini merupakan salah satu favorit untuk disantap sebagai menu sarapan. Nasi pecel terdiri dari nasi yang diberi berbagai macam sayuran seperti taoge, kacang panjang, daun singkong, sawi atau kubis yang disiram dengan sambal pecel yang terbuat dari kacang dan rempah-rempah lainnya.

2. Soto Ayam

Soto ayam adalah makanan berkuah khas Indonesia. Kuah pada soto ayam berwarna sedikit kekuningan karena menggunakan kunyit sebagai salah satu bumbunya. Dalam satu porsi soto ayam biasanya terdiri dari ayam yang disuwir, kuah soto, irisan kentang yang dipotong tipis, potongan daun seledri dan bawang goreng. Soto ayam biasanya disajikan bersama nasi untuk sarapan. Selain itu terkadang ditambahkan sambal, kerupuk, dan bubuk koya.

3. Bubur Ayam

Bubur ayam merupakan salah satu makanan yang cukup umum ditemukan sebagai menu sarapan pagi. Makanan ini disajikan dalam keadaan hangat atau panas. Bubur ayam disajikan bersama dengan irisan ayam, kemudian ditambah bumbu yang biasanya terdiri dari kecap manis dan asin, merica, garam, dan terkadang kaldu ayam. Selain itu ditambahkan topping yang biasanya berupa daun bawang, bawang goreng, tongcai, kacang, cakwe, dan kerupuk. Untuk yang suka pedas, biasanya sambal disajikan terpisah.

4. Nasi Uduk

Nasi uduk merupakan kuliner khas dari betawi. Menurut sejarahnya, makanan ini ditemukan di Pulau Jawa sekitar awal abad ke 20 dan dipopulerkan oleh pemerintah kolonial Belanda. Nasi uduk merupakan nasi yang dikukus dengan santan dan dibumbui kayu manis, pala, merica, jahe, dan daun serai sehingga menghasilkan nasi yang wangi dan gurih. Nasi uduk biasanya disajikan dengan irisan telur dadar yang diiris memanjang, tempe kering, tempe goreng, bawang goreng, dan ayam goreng serta timun.

5. Nasi Kuning

Hampir sama dengan nasi uduk, nasi kuning adalah kuliner khas Indonesia yang berupa nasi yang dimasak dengan santan dan berbagai rempah ditambah kunyit. Biasanya penyajian nasi kuning hampir sama dengan nasi uduk namun ditambah dengan sambal terasi dan serundeng kelapa. Nasi kuning umumnya juga digunakan sebagai tumpeng.

Dalam proses memasaknya biasanya bumbu disiapkan secara manual, namun untuk lebih mudah biasanya menggunakan mesin pengolah bumbu. Dengan menggunakan mesin pengolah bumbu, maka bumbu yang dihasilkan dalam jumlah banyak akan terjaga kualitasnya. Mesin pengolah bumbu tersebut mudah didapatkan dengan banyaknya tempat jual mesin pengolah bumbu yang menjualnya secara online sehingga memudahkan pembeli untuk mendapatkannya.