5 Ide Cake Yang Unik dan Anti-mainstream

Kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang bisa dikatakan tidak akan ada matinya. Pernyataan tersebut dikarenakan, semua orang pasti butuh makan atau minum. Berdasarkan hal tersebut, selama manusia masih ada, maka bisnis kuliner juga akan terus menerus ada dan berkembang.

Bisnis kuliner memiliki peluang yang besar apabila dijalankan dengan baik dan penuh kesabaran. Untuk memulai bisnis kuliner pun tidak selalu harus mengeluarkan modal yang besar. Dengan modal yang kecil pun, keuntungan yang akan didapat bisa mencapai 100%. Hal tersebut membuat banyak orang berbondong-bondong untuk memulai bisnis kuliner mulai dari pedagang makanan keliling, warung makan, hingga restoran. Semakin banyaknya orang yang memulai bisnis kuliner ini tentunya juga membuat persaingan di bidang kuliner menjadi semakin tinggi.

Salah satu bisnis kuliner yang belakangan cukup digemari adalah bisnis cake. Cake merupakan makanan manis yang digemari banyak orang. Rasanya yang manis merupakan salah satu alasan kenapa banyak orang menyukai cake. Bahan utama pembuatan cake adalah tepung terigu, gula, telur, dan margarin.

Dalam persaingan yang tinggi tersebut, biasanya para pelaku usaha kuliner melakukan berbagai cara untuk bisa bertahan. Berbagai cara yang dilakukan seperti mengadakan berbagai macam promo baik berupa potongan harga maupun voucher gratis. Beberapa diantaranya ada juga yang melakukan promosi lewat media sosial maupun internet. Ada pula yang membuat website tersendiri dengan menggunakan jasa pembuatan website maupun membuat sendiri.

Bisnis cake mulai berkembang pesat setelah beberapa artis tanah air mulai membuat bisnis kue atau cake kekinian. Para artis tersebut membuat berbagai cake yang memadukan cita rasa internasional dengan rasa dan bahan lokal. Hal tersebut mendorong beberapa orang untuk mencoba membuat cake yang bisa bersaing dengan bisnis kuliner para artis tersebut.

Untuk bisa terus bersaing, para pelaku bisnis kuliner sering kali terus berinovasi dengan berbagai bahan baru ataupun tambahan lain untuk bisa menciptakan menu baru yang belum pernah ada. Inovasi yang dilakukan pada makanan nantinya akan memunculkan berbagai konsep unik yang mungkin belum pernah ada sebelumnya. Beberapa inovasi cake yang unik tersebut adalah:

1. Money Cake

Money cake adalah salah satu inovasi cake yang terbilang sangat unik. Cake ini seperti cake pada umumnya namun dalam pembuatannya, money cake benar-benar menggunakan uang asli. Uang yang digunakan pada money cake biasanya adalah uang kertas. Kue yang telah dibentuk sedemikian rupa diberi hiasan uang yang telah dilapisi plastik baik di bagian luar ataupun bisa berada di dalam kue sebagai kejutan.

2. Cake Pop

Cake pop adalah inovasi lain dari cake yang unik. Cake pop adalah cake yang dibentuk menyerupai lollipop, yaitu ditusuk menggunakan stick. Inovasi cake yang satu ini terbuat dari remahan kue yang dicampur dengan gula dan cokelat lalu dibentuk menjadi bola atau bentuk lainnya yang kemudian ditusukkan pada sebuah stick sehingga menyerupai lollipop.

3. Klepon Cake

Tekstur manis dari gula merah, rasa gurih dari kelapa, serta lembutnya cake dipadukan menjadi satu pada Klepon Cake. Perpaduan antara cake dengan klepon ini mulai banyak penggemarnya. Rasanya yang manis gurih serta aroma harum pandan dan warna hijau menambahkan kesan klepon pada klepon cake.

4. Cake Salad

Dessert yang satu ini adalah salah satu inovasi dari seorang food stylist asal Jepang, Misuki Moriyasu. Ide pembuatan cake salad sendiri berasal dari pemikiran Misuki saat masih bekerja di restoran lain. Dia ingin membuat sayuran menjadi hidangan yang lebih lezat dan unik, sehingga terciptalah ide membuat cake salad.

5. Cake Indomie

Cake Indomie merupakan salah satu inovasi yang dibuat oleh Baba Ninyo dari Surabaya. Cake ini berbeda dengan cake pada umumnya karena bukan mempunyai rasa yang manis. Cake Indomie, sesuai namanya terbuat dari indomie sebagai bahan utamanya.